Jumat, 14 September 2012

INSTALASI NIC CARD

Kartu Jaringan atau disebut dengan istilah NIC (Network Interface Card) atau LAN CARD atau Etherned Card. merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer.  fungsi utama , yaitu Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan computer dan Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik, artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.

Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.  Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni: Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet). Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface).

Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), atau memory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro.

NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.

Sebelum NIC CARD terinstall maka sebaiknya kita mengecek terlebih dahulu apakah telah terpasang di PC atau tidak. Adapun langkahnya yaitu Start – control panel – Networmk Connection. Apabila belum terdapat LAN maka NIC CARD belumterinstall atau cara lain klik Windows Explorer – klik kanan My Computer klik Properties – klik Divece Manager.jika masih belum terinstall maka pada “Other divice” akan terlihat tanda tanya. Adapun cara menginstall NIC CARD adalah sebagai berikut.

1.      Masukkan CD Driver NIC CARD pada PC kemudian mengklik Start – Explore.

2.   Klik kanan My Computer – klik Properties.
       

     3.  Sehingga akan menampilkan gambar berikut. Pilh bar Hardware – klik Device manager.
     

     4. Sehinnga muncul tampilan berikut, kemudian klik “Ethernet Controller”, selanjutnya klik      Update Driver.
       

      5.  Sehingga muncul tampilan berikut, kemudian klik pada “Install from a list or specific location (Advanced), lalu dilanjutkan dengan mengklik “Next”.
       

      6.   Maka tampil sebagai berikut. Kemudian menceklis kotak “Include this location in the search”. Kemudian mengklik Browse untuk mencari lokasi “Ethernet”.
      

     7. Cari lokasi “Ethernet”, setelah didapatkan maka klik “Ethernet” dilanjutkan klik OK. Kemudian klik Next pada lembar kerja sebelumnya.
      

    8. Sehingga akan muncul tampilan berikut.
     

    9.   Maka akan muncul tampilan berikut. Selanjutnuya klik “Contine Anyway”
     

    10.  Lalu klik "Finish"
     

    11. Untuk mengecek keberhasilan penginstalan maka kita dapat melihatnya di “device manager” yaitu terdapatnya “Network Adapter” dengan menampilkan “NVIDIA”
      

     12.  Adapun untuk membuktikan LAN CARD pada PC telah aktif, maka terlebih dahulu klik menu start – Control Panel – Network and Internet Connection – Internet Connection. Maka akan tampil sebagai berikut, artinya LAN CARD/NIC CArD telah terinstall.
       


 "Semoga bermanfaat yach ..."
      



 

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar